Zat Narkotika Jenis Baru Bermunculan, BNN Bali Kian Waspada

Home / Berita / Zat Narkotika Jenis Baru Bermunculan, BNN Bali Kian Waspada
Zat Narkotika Jenis Baru Bermunculan, BNN Bali Kian Waspada ILSUTRASI - Narkoba (Foto: kriminalitas)

TIMESPURBALINGGA, DENPASAR – Bermunculannya zat narkotika jenis baru yang masuk dalam golongan Narcotica Psycoactive Subtances (NPS) membuat Kepala BNNP Bali Brigjen Pol Putu Gede Suastawa kian waspada. Apalagi tidak menutup kemungkinan jika peredaran NPS tersebut akan masuk ke Pulau Bali.

"Perkembangan narkoba tidak bisa dihentikan, kita juga harus tiada henti untuk menghentikan dengan jalan pencegahan dan penangkapan. Bali tidak menutup kemungkinan akan beredar NPS itu, kita harus tanggulangi bersama," katanya pada TIMES Indonesia Sabtu (28/1/2017). 

Untuk diketahui, Balai Laboratorium Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat, telah menemukan kembali tujuh zat narkotika baru atau Narcotica Psycoactive Subtances (NPS).

Berdasarkan sampel yang dikirim ke Balai Laboratorium BNN, Jakarta, selama dua bulan terakhir, ketujuh jenis zat tersebut meliputi: empat zat golongan synthetic cannabinoid (mexedrone, N-ethy pentylone, pentylone dan 4-CEC), satu zat merupakan golongan synthetic phenethylamine (2-CI), dan dua  zat merupakan golongan synthetic cannabinoid (JWH-122 dan JWH-073).

Dengan penambahan tujuh zat narkotika itu, total NPS yang dikantongi BNN saat ini ada 53 zat. Rinciannya, 43 zat telah diatur Permenkes Nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan penggolongan narkotika dan sisanya temuan baru BNN.

"KIta harus terus wasapda dan bergerak melakukan langkah antisipasi. Bagaimana pun narkoba merusak bangsa ini. Kita harus hentikan peredarannya,'' tegas Brigjen Putu. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com