Indikator
  • Undercontruction

Bawang Bombay Ampuh Atasi Masalah Rambut Ini

Home / Gaya Hidup / Bawang Bombay Ampuh Atasi Masalah Rambut Ini
Bawang Bombay Ampuh Atasi Masalah Rambut Ini ILUSTRASI. Rambut rontok. (FOTO: abcnews.com)

PURBALINGGATIMES, JAKARTA – Bawang bombay bukan sekedar bahan yang dimafaatkan untuk memasak. Ternyata bawang bombay juga dapat disiasati untuk memelihara penampilan fisik agar senantiasa tetap prima. Ketika dijus, bawang bombay mampu mengatasi rambut rontok.

Dilansir dari Hello Sehat, sebuah studi kecil yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatology melaporkan bahwa mengoleskan jus bawang bombay sebagai masker tepat ke kulit kepala dua kali sehari secara teratur selama dua minggu bisa membantu pertumbuhan rambut. Khasiat ini terutama paling dirasa nyata pada beberapa orang yang memiliki alopecia areata atau kebotakan di beberapa titik kepala.

Para peserta dalam penelitian ini diketahui mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebanyak 74 persen setelah 4 minggu menggunakan masker bawang bombay. Pada minggu ke 6, pertumbuhan rambut para peserta meningkat menjadi sekitar 87 persen. Pertumbuhan rambut dalam penelitian ini umumnya lebih optimal pada pria dibanding wanita.

Meski hasil penelitian ini mendapatkan hasil yang positif, namun masih diperlukan penelitian dalam skala besar untuk memastikan efektivitas penggunaan jus bawang bombay dalam mengatasi rambut rontok.

Dalam penelitian tersebut disebutkan ada beberapa kandungan senyawa dalam bawang bombay yang bisa memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut kepala. Berikut penjelasan megapa bawang bombay dapat mengatasi rambut rontok.

Kaya Sulfur
Bawang kaya akan kandungan senyawa sulfur (belerang) yang bisa mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang kuat, lebat, dan sehat. Pasalnya, asupan sulfur pada akar-akar rambut dapat meningkatkan produksi kolagen, sebuah protein yang penting untuk meningkatkan produksi sel kulit sehat dan pertumbuhan rambut.

Bersifat Antibakteri
Bawang memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi kulit kepala. Dalam beberapa kasus, infeksi kulit kepala dapat menyebabkan rambut rontok.

Mengandung Antioksidan
Bawang mengandung antioksidan, seperti flavonoid. Antioksidan dipercaya bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain bisa mempercepat proses penuan, radikal bebas juga bisa merusak folikel rambut dan menyebabkan penipisan kerontokan rambut. (*)

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com