Indikator
  • Undercontruction

Awas, Kelebihan Vitamin A Dapat Memicu Keracunan

Home / Kesehatan / Awas, Kelebihan Vitamin A Dapat Memicu Keracunan
Awas, Kelebihan Vitamin A Dapat Memicu Keracunan ILUSTRASI. Makanan sumber vitamin A. (FOTO: sportmix24.de)

PURBALINGGATIMES, JAKARTA – Vitamin A adalah nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan, penglihatan, sistem reproduksi, serta menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Meski memiliki banyak manfaat, kelebihan vitamin A justru bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Vitamin A banyak ditemukan pada sejumlah makanan, misalnya dalam sayur-mayur seperti bayam, wortel, kentang, tomat, ikan, minyak ikan, dan buah-buahan yang berwarna gelap. Selain itu, vitamin A juga dapat ditemukan pada berbagai macam produk olahan susu seperti susu itu sendiri, krim, mentega, keju dan yoghurt

Sebagai vitamin yang tergolong dalam vitamin larut lemak, asupan vitamin A yang berlebihan dan dibiarkan terus-menerus dapat mengganggu kesehatan. Kelebihan vitamin A dapat memicu kondisi hipervitaminosis atau keracunan vitamin A.

Jika Anda mengalami kelebihan vitamin A dalam waktu yang lama, Anda berpotensi mengalami sakit kepala, nyeri sendi, penipisan tulang, kerusakan hati, iritasi kulit, serta diare. Selain itu, kelebihan vitamin A juga bisa menyebabkan bayi lahir cacat jika terjadi pada ibu hamil.

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com