Indikator
  • Undercontruction

Garangasam Kuntari, Enak dan Sehat Tanpa Bikin Gemuk

Home / Kesehatan / Garangasam Kuntari, Enak dan Sehat Tanpa Bikin Gemuk
Garangasam Kuntari, Enak dan Sehat Tanpa Bikin Gemuk Garangasam berbungkus daun pisang buatan Kuntari, Minggu (19/11/2017) (Foto: Sinnangga Angga/Purbalingga TIMES)

PURBALINGGATIMES, PURBALINGGA – Mau makan enak tanpa takut menambah berat bedan? Makanan sehat dan rendah kalori solusinya.

Makanan sehat tapi rendah kalori namun tetap enak disantap salah satunya adalah garangasem.

Seperti yang diakui Diah Octaviani (35) warga Jalan Cempaka Dalam, Perumahan Penambongan, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah yang memilih program diet dengan menjaga asupan kalori.

“Salah satu yang saya lakukan dalam program diet adalah mengkonsumsi menu makan yang berkalori rendah tapi gizi tetap terjaga. Saya pilih menu garangasam sebagai lauk yang menurut saya enak, berizi tapi rendah kalori,” akunya kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) ketika ditemui di rumahnya, Minggu (19/11/2017).

Diah mengaku sudah dua bulan lebih mengkonsumsi lauk garangasem, buatan Kuntari Hardiningrum, warga Desa Majasari, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga.

“Saya selalu pesan garangasam buatan mba Kuntari. Cukup pesan lewat Whatsapp, nanti diantar ke rumah garangasemnya,” katanya.

Menurutnya, garangasam buatan Kuntari berbeda dibanding garangasem yang pernah dikonsumsi sebelumnya.

“Yang lebih saya suka bukan saja karena rasanya, tapi karena garangsasem buatan Kuntari tidak pakai kuah santan. Jadi otomatis kolesterolnya rendah,” ujarnya.

Sementara itu, Kuntari (42), mengakui garangasam buatannya sudah banyak dipesan secara rutin. Utamanya mereka yang memang sedang melakukan program diet. “Pelanggan saya kebanyakan mereka yang sedang melakukan program diet,” akunya.

Lebih lanjut, Dia menceritakan Garangasem buatanya menggunakan daging ayam, cabai, tomat hijau, belimbing wuluh dan bumbu dapur secukupnya. Kemudian sebelum dikukus dibungkus daun pisang terlebih dahulu.

“Daun pisang yang terkukus memiliki aroma yang sedap. Itu yang menjadi alasan kenapa garangasem saya bungkus daun pisang dulu sebelum dikukus,” jelasnya.

Sedang belimbing wuluh kata Kuntari, banyak mengandung khasiat untuk kesehatan. Disamping bisa membantu menurunkan berat badan, belimbing wuluh juga bisa meremajakan kulit wajah.

“Sebenarnya belimbing wuluh banyak khasiatnya. Cuma belum banyak masyarakat yang mengetahui, jadi banyak belimbing wuluh yang diabiarkan membusuk dipohonnya,” katanya.

Dia menambahkan, karena tidak membuka warung, maka bagi pemesan garangasem buatannya cukup dengan memesan lewat whatsapp, masangger atau telepon. (*)

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com