Indikator
  • Undercontruction

Langkah Mudah Mengatasi Kaki Pegal

Home / Kesehatan / Langkah Mudah Mengatasi Kaki Pegal
Langkah Mudah Mengatasi Kaki Pegal ILUSTRASI. Mengatasi kaki pegal dengan pijat refleksi. (FOTO: adelareflexologylondon.co.uk)

PURBALINGGATIMES, JAKARTA – Beraktivitas seharian, terutama saat berdiri terlalu lama dapat membuat kaki terasa pegal. Belum lagi jika alas kaki yang Anda pakai tidak nyaman digunakan, pasti kaki semakin tersiksa. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengatasi kaki pegal pasti pijat refleksi. Namun, jika Anda tidak sempat melakukan pijat refleksi, berikut langkah untuk meredakan pegal di kaki.

Hangatkan Kaki
Rendam kaki di air hangat. Jika rasa pegal menjalar sampai betis, gunakan ember yang lebih tinggi dan isi air hangat sampai setengah betis. Tambahkan satu sendok makan garam. Kemudian, tekuk jari-jari kaki Anda di dalam air, tahan selama 10 detik, dan kembali ke posisi semula. Ulangi beberapa kali sampai telapak kaki terasa lebih ringan.

Pijat Ringan
Untuk relaksasi awal, pijat ringan kaki Anda, mulai dari betis sampai telapak kaki. Gunakan minyak zaitun atau Anda bisa memanfaatkan body lotion agar kaki menjadi lebih licin dan mudah dipijat.

Kompres Dingin
Lutut sering kali menjadi pusat rasa pegal. Kompres sekeliling lutut dengan es batu yang dibungkus handuk. Lakukan juga di bagian mata kaki dan telapak kaki.

Menyangga Kaki
Agar aliran darah lebih lancar, posisikan kaki lebih tinggi kurang lebih 7-10 cm. Coba menyangga kaki menggunakan bantal ketika Anda tidur. Posisi ini bisa mengurangi tekanan yang ada pada kaki.

Minum Madu
Ada beberapa campuran minuman yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan pegal yang Anda rasakan. Cobalah campuran madu dan jus lemon dalam secangkir air hangat. Atau jika Anda mau, coba campuran satu sendok makan minyak ikan dengan segelas jus jeruk sebelum tidur.

Gunakan Jahe
Jahe sudah dikenal sebagai salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat, termasuk meredakan rasa pegal dan linu pada kaki. Kandungan anti peradangan pada jahe dapat menghilangkan rasa sakit, sekaligus meningkatkan sirkulasi dan aliran darah. Anda bisa membalurkan kaki yang sedang sakit dengan minyak jahe 2-3 kali sehari. Alternatifnya, Anda bisa meminum teh jahe alami agar rasa sakit bisa hilang dari dalam tubuh. (*)

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com