Indikator
  • Undercontruction

Jangan Tidur saat Pesawat Lepas Landas, Ini Bahayanya

Home / Gaya Hidup / Jangan Tidur saat Pesawat Lepas Landas, Ini Bahayanya
Jangan Tidur saat Pesawat Lepas Landas, Ini Bahayanya Bahaya tidur saat pesawat lepas landas (Foto: jackonjourney, Hipwee / Desain Ilustrasi TIMES Indonesia)

PURBALINGGATIMES, JAKARTA – Apakah Anda memiliki kebiasaan tidur saat menunggu pesawat lepas landas? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Menurut sejumlah peneliti, kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Ketika pesawat naik ke udara atau pun turun, tekanan udara di kabin berubah secara cepat mengikuti ketinggian dan jika Anda tidak siap beradaptasi, hal tersebut bisa merusak gendang telinga.

Seorang ahli dari Inggris, Angela Chalmers, menjelaskan bahwa perubahan cepat di ketinggian mempengaruhi tekanan udara di telinga. Hal ini menyebabkan tabung Eustachi di dalam telinga hampa udara, sehingga membuat telinga terasa tersumbat.

Angela menyarankan untuk tidak tidur dulu saat take off atau landing karena Anda lebih sedikit menelan udara saat tidur. Untuk membuat telinga beradaptasi dengan perubahan ketinggian, Anda harus tetap sadar dan banyak menelan sehingga telinga tidak terasa tersumbat.

Mengunyah permen karet, minum air putih, atau meniup hidung Anda adalah cara lain untuk mencegah telinga Anda tersumbat saat pesawat terbang. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com